Daoer Oelang, Tradisi itu bagaikan benang –banang yang menjalin berbagai kenangan kita yang paling berharga. Menurut para ahli pengetahuan sosial yang telah mempelajari masalah keluarga, tradisi dapat merupakan suatu perbedaan yang mencolok di dalam kehidupan kita dengan jalan menciptakan dan meperkokoh rasa aman dan rasa terjamin di dalam rumah tangga. Memang, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa keluarga-keluarga yang memiliki ikatan-ikatan keluarga yang kuat adalah yang mempunyai tradisi yang paling banyak, dan bahwa upacara merupakan suatu lambang bagaimana perasaan seorang anggota keluarga terhadap yang lainnya.

Sesungguhnya, kebiasaan-kebiasaan yang dijalankan itu dapat memperkokoh ikatan keluarga dengan berbagai cara. Pertama-tama tradisi itu menegakkan suatu kontinuitas. Tradisi itu mengikatkan yang sekarang dengan yang lalu, menghubungkan tahun yang satu dengan yang berikutnya dan menjembatani satu generasi dengan generasi yang berikutnya.

Kestabilan keluarga merupakan suatu manfaat lain dari tradisi. Pola-pola tradisi keluarga yang teratur serta yang sudah dikenal bersama, apakah itu merupakan doa bersama sebelum makan atau membaca buku cerita sebelum tidur, atau dalam lingkup yang lebih besar berkumpul bersama dengan keluarga besar, akan membuat siklus kehidupan di dalam keluarga itu mudah diterka dan hal itu menyenangkan dan juga merupakan semacam hiburan.

Disamping itu dengan adanya tradisi, ada juga keuntungan lain yaitu terciptanya semacam identitas keluarga. Anak-anak jaman sekarang terus-menerus ditekan oleh berbagai media massa agar mempunyai identitas yang sama dengan anak-anak sebayanya dan bukan dengan keluarganya. Tetapi kebiasaan-kebiasaan istimewa di rumah akan menolong membentuk suatu keluarga yang khas dan memberikan kepada anggota keluarga perasaan yang dimiliki.

Erat hubungannya dengan manfaat ini adalah semangat kesatuan keluarga yang terbentuk dengan adanya tradisi keluarga. Sebagai contoh perhatikanlah kemesraan yang dirasakan oleh setiap anggota keluarga jika mereka berkumpul bersama untuk suatu acara silaturahmi. Tradisi membangun suatu perasaan kesatuan yang dapat bertahan terus sampai sesudah anak-anak menjadi dewasa dan keluar rumah untuk berkeluarga atau merantau.

Akhirnya, tradisi memperkaya kehidupan kita dengan memberi arti, dengan menyisihkan hal-hal rutin dan memusatkan perhatian pada apa yang penting bagi kita. Sangat gampang membiarkan hari-hari biasa berlalu begitu saja tanpa kesan, tetapi jika kita merayakan hari-hari dan kejadian-kejadian yang istimewa, kita memperoleh kesempatan untuk berhenti sejenak dan meninjau kembali kehidupan kita. Ulang tahun misalnya, akan mengingatkan kita akan pertumbuhan dan keunikan setiap anggota keluarga, peringatan hari ulang tahun pernikahan akan membuat kita lebih memperhatikan kasih yang makin mendalam di dalam pernikahan kita.

Dalam segala segi, Anda dapat memperkokoh rumah tangga Anda dengan memperkokoh tradisi-tradisi keluarga Anda. Jika Anda mendapati bahwa salah satu tradisi keluarga Anda sudah mulai tidak dijalankan atau sudah mulai kehilangan artinya, atau jika Anda ingin membuat suatu tradisi baru, carilah beberapa gagasan untuk menumbuhkannya. Gagasan-gagasan ini dapat menjadi bahan untuk memulai suatu tradisi baru sehingga menolong Anda untuk memikirkan tradisi-tradisi yang cocok untuk keluarga Anda. Dengan menggunakan sedikit imajinasi dan persiapan maka tradisi-tradisi keluarga dapat menjadi harta keluarga. Dan sesuatu yang terindah yang akan Anda peroleh dari segala jerih payah Anda adalah ikatan keluarga yang kuat. Dan hal ini akan dapat bertahan selama bertahun-tahun sekalipun mungkin jarak yang jauh memisahkan Anda dari anggota keluarga yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar