Daoer Oelang, Banyak cara untuk mengatasi gangguan sulit tidur. Salah satu cara non obat adalah melalui latihan pernafasaan yang dilakukan selama 5-10 menit, baik di siang hari maupun sebelum tidur. Namun, yang pasti usirlah semua bentuk penyebab gangguan tidur, seperti kecemasan, kekhawatiran, stres, rasa marah, rasa bersalah, dsb. Ada beberapa tips yang diberikan ahli terapi alamiah insomnia, berikut ini :

  • Duduk atau berbaring dengan tenang. Letakkan tangan di pangkuan. Bernapaslah dalam dalam dan perlahan. Saat menarik nafas, pikirkan rasa tenang yang masuk. Sebaliknya saat membuang nafas, bayangkan stres dan ketegangan yang keluar. Dalam melakukan latihan ini anda harus berkonsentrasi. Jika pikiran melayang-layang, segera kembalikan pikiran itu pada pernafasan.
  • Tidur terlentang, letakkan tangan pada solar pexus, persis di bawah dasar tulang rusuk dengan ujung-ujung jari bersentuhan. Buang nafas dalam-dalam lalu tahan, kemudian tarik nafas pelan-pelan melalui hidung. Rasakan ujung-ujung jari terpisah, kemudian tahan. Setelah itu buang nafas pelan-pelan, rasakan ujung jari merapat, lanjutkan pernafasan secara perlahan dan berkonsentrasilah pada nafas anda.
  • Keluarkan nafas pelan-pelan, tarik nafas perlahan dan dalam (hitung sampai angkan dua), tahan nafas dan hitung sampai empat, buang nafas dan hitung sampai empat. Jadi, anda menarik nafas dua, tahan nafas empat, buang nafas empat. Lakukan ini sampai dua atau tiga menit. Tapi, berhentilah jika merasa pusing. Kalau memiliki tekanan darah tinggi, tahan nafas dan hitung sampai dua saja, bukan empat.

Cara terakhir tampaknya lebih mudah diikuti.

Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar