Daoer Oelang, Mungkin kita pada malam hari pernah mendengar suara gaduh di atas plafon rumah atau mendengar suara gerogotan binatang pada benda-benda yang ada di sekitar kita, siapa yang melakukannya? Ya, tikus jawabnya. Binatang ini sangat tidak disukai oleh manusia, karena tikus lebih banyak menyusahkan bagi manusia. Selain menyusahkan, ternyata tikus juga memberikan kerugian yang cukup besar bagi perekonomian manusia.

Binatang yang satu ini keberadaannya dapat dikenali dengan cara seperti yang saya sebutkan tadi. Selain itu, keberadaan bintang ini dapat pula dikenali dengan ciri-ciri yang lain, yaitu :

  • Adanya kotoran. Ditemukan di sepanjang dinding, dibelakang objek atau di dekat persediaan makanan.
  • Adanya lubang tempat tinggalnya yang mengindikasikan ada galian baru di dasar lantai ke dalam dinding.
  • Nampak terdapat area bebas debu disepanjang dinding dan belakang gudang material.
  • Ada tanda-tanda kayu yang digerogoti.
  • Bau binatang pengerat yang menyengat.
  • Pipa-pipa dan pipa sudut nampak kotor dan berminyak. Minyak ini berasal dari bulu tikus.
Makanan tikus beragam, apapun yang ada di sekitarnya selalu dicoba untuk dimakannya. Mereka lebih menyukai padi-padian, tapi mereka juga akan makan apapun, terutama pada saat tidak ada makanan, termasuk bangkai dan sabun. Tikus akan makan tiap hari. Tikus besar umumnya minum tiap hari, sedangkan tikus kecil dapat bertahan beberapa hari tanpa minum. Bayangkan bila kita menyimpan makanan dan digerayangi oleh tikus.

Tikus biasanya hidup dekat dengan sumber makanan; gudang, lumbung pangan, kandang. Dapat memanjat dan melompat dengan ketinggian 91cm dan sejauh 122cm. Dapat memanjat batu bata, dinding dan berjalan diatas kawat. Tikus besar dapat menyelinap dilubang dengan diameter 1cm, sedangkan tikus kecil 0,6cm bahkan lebih kecil. Dan tikus selalu aktif dimalam hari. Tikus berkeliaran tidak jauh dari sarangnya, paling jauh hanya sampai 45 meter. Mereka akan menghindari objek yang baru dan akan menghindarinya untuk beberapa hari. Biasanya mereka butuh 5 hari untuk adaptasi.

Dan yang perlu diperhatikan adalah tikus dapat berkembang biak dengan cara melahirkan pada usia 2 - 3 bulan dengan masa kehamilan 19-21 hari. Seekor tikus betina bisa melahirkan 5 - 10 ekor setiap kelahiran dan dalam setahun bisa melahirkan 5 - 10 kali dengan perbandingan jantan dan betina; 50% : 50% dan mereka akan kawin lagi setelah 48 jam setelah melahirkan. Dengan perbandingan ini, sepasang tikus bisa menghasilkan keturunan sebanyak 10.000 - 15.000 ekor dalam setahun.

Mengapa tikus dianggap merugikan.
  • Tikus dapat merusak bangunan, kayu, perabotan, dan bahkan instalasi listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.
  • Koloni 100 ekor tikus dapat menghabiskan pakan ternak sebanyak 1 ton dalam setahun.
  • Tikus menghasilkan kotoran 10 kali lipat dari pakan yang dimakan dengan kotoran, urin dan bulunya.
  • Tikus dikenal sebagai pembawa 45 macam penyakit, diantaranya; salmonellosis, pausteurellosis, leptospirosis, disentri pada babi, trichinosis, toksoplasma dan rabies, termasuk organisme yang ada pada kakinya sehingga penyakit lebih cepat menyebar

Bagaimana keberadaan tikus di lingkungan Anda?

Mari kita bersihkan lingkungan kita dari tikus-tikus yang merugikan.
Dengan klik di sini

1 komentar:

  1. Cobalt88 says:

    Thanks...
    sangat membantu.

Poskan Komentar