Daoer Oelang - Bobot Materi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri khususnya bidang studi Matematika (Matematika Dasar maupun Matematika IPA) relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan materi UN (Ujian Nasional). Seringkali siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal yang diujikan dalam tes masuk di perguruan tinggi (negeri). Hal ini bisa terjadi karena soal-soal yang dipakai siswa untuk latihan kurang memadai kualitas atau tingkat kesulitannya. Yang terpenting bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah bagaimana bisa mendapatkan soal-soal yang kualitasnya sama dengan kualitas soal yang akan diujikan.

Nah ... untuk menjawab itu ada masukan dari beberapa praktisi pendidikan, jika ingin mendapatkan soal-soal yang berkualitas, yang pertama memang kita harus berlatih dari kumpulan soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang banyak beredar di toko-toko buku, yang kedua kita bisa mendapatkan dari buku-buku lama (bukan berarti buku-buku terbitan sekarang nggak berkualitas loh ... ) seperti buku karangan Alders, Kumpulan Soal Ujian SMA B (HBS), dsb. Dan memang terbukti, soal-soal dari buku-buku lama tersebut ada yang nongol di Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Tapi, bagaimana kita bisa mendapatkan buku-buku yang dimaksud karena buku-buku itu diterbitkan sebelum tahun 1970?. Jawabnya, tentu saja kita harus berburu di toko buku loakan atau mungkin cari di perpustakaan.

Dalam postingan berikutnya mungkin Daoer Oelang akan tampilkan contoh kumpulan soal ujian SMA B (HBS) tahun 1956. Jika memang memungkinkan untuk dibagi silahkan menghubngi atau download di Daoer Oelang.

0 komentar:

Posting Komentar