Daoer Oelang, Hipnotis dapat diartikan sebagai suatu keahlian untuk memasukkan pesan ke dalam diri seseorang,yang mengakibatkan orang yang bersangkutan akan tergerak atau termotivasi untuk melaksanakan pesan tersebut. Pesan adalah rangkaian kalimat verbal yang diucapkan oleh seorang penghipnotis kepada seorang yang dihipnotis dengan tujuan-tujuan tertentu. Seseorang yang terhipnotis seperti orang yang sedang tidur, padahal kenyataannya tidak tidur, karena orang yang tidur tidak mendengarkan suara-suara yang ada di sekitarnya, lain halnya dengan orang yang terhipnotis, meskipun tubuhnya terlihat tidur, sebenarnya ia sendiri masih mampu untuk mendengarkan suara-suara yang ada di sekitarnya, terbukti ia masih mampu mengikuti pesan-pesan yang disampaikan oleh seorang yang menghipnotisnya.

Pertanyaannya adalah bagaimana seseorang itu bisa terhipnotis atau dipengaruhi oleh orang lain, sehingga dia bisa menuruti apa yang diucapkan si penghipnotis?
Hipnotis adalah fenomena yang mengaitkan beberapa komponen otak di dalamnya. Jika kita memakai istilah psikologi, komponen otak tersebut dibagi menjadi dua yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Kedua bagian pikiran ini memiliki tugas yang berbeda serta kontribusi yang berbeda terhadap tindakan manusia.

Pikiran sadar adalah bagian yang mungkin selama ini kita anggap sebagai pikiran kita. Pada bagian ini kita menganggap diri kita berpikir secara rasional. Pikiran sadar adalah adalah sistem pikiran yang berfungsi mencari-cari alasan mengapa anda melakukan sesuatu dan ini di bawah kendali pikiran kita.

Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bagian dari pikiran kita yang dapat menyimpan banyak ide, gagasan, pikiran, serta tindakan yang tidak dapat memilahnya satu persatu, artinya segala sesuatu (baik benar maupun salah) yang sudah terlanjur masuk dianggap sebgai data yang benar yang nantinya dapat mempengaruhi tindakan kita sehari-hari. Pikiran bawah sadar ini fungsinya sebagaimana hard disk di dalam komputer. Hard disk ini dapat menyimpan banyak data yang dapat saja benar maupun salah. Hanya saja bedanya pikiran bawah sadar dapat menyimpan data yang tidak terbatas, sedangkan hard disk hanya dapat menyimpan data yang tidak melebihi jatah memorinya.Pada bagian ini proses mental berfungsi secara otomatis sehingga terkadang proses ini berjalan tanpa kita sadari.

Menurut teori, dalam keadaan normal seseorang selalu berada dalam pikiran sadarnya. Akan tetapi dalam keadaan tertentu seseorang akan berada dalam pikiran bawah sadar. Perlu diketahui bahwa antara pikiran sadar dan bawah sadar ada semacam pembatas yang merupakan pintu gerbang perpindahan antara kondisi keduanya. Dalam keadaan normal, pembatas atau pintu gerbang dalam keadaan tertutup dan dijaga oleh pikiran sadar kita. Nah, manakala pikiran sadar kita dalam keadaan lengah atau istirahat, maka pembatas atau pintu gerbang menuju pikiran bawah sadar kita akan terbuka. Dan pada saat itulah pikiran bawah sadar kita siap menerima sugesti atau perintah dari luar baik itu perintah yang benar ataupun yang salah dan kita tidak bisa menolaknya. Jika ini yang terjadi maka berarti kita dalam keadaan terhipnotis atau dibawah pengaruh sugesti orang lain.

Sebenarnya, dalam teori hipnotis tidak ada seseorang menghipnotis orang lain. Yang ada adalah orang itu menghipnotis dirinya sendiri. Diri anda sendirilah yang merespon “ya” kepada sang penghipnotis, oleh sebab itulah hipnotis dapat terjadi pada diri anda. Kita tahu bawah pikiran bawah sadar kita sebenarnya selalu dalam kawalan pikiran sadar kita. Selama pikiran sadar kita tidak lengah, maka tidak ada seorangpun yang mampu menghipnotis diri kita, meski seorang master hipnotis sekalipun.

Kejahatan dengan menggunakan hipnotis sebenarnya adalah khasus kriminal biasa yang menggunakan teknik komunikasi bahasa seperti halnya yang terkandung dalam teori hipnotis, namun kejahatan hipnotis tidak dapat dikatakan sebagai bagian dari hipnotis karena sesungguhnya hipnotis tercipta apabila dua pihak (penghipnotis dan yang dihipnotis) sama-sama menginginkan hal yang sama terjadi. Singkat kata, jika yang dihipnotis mengatakan “ya” pada penghipnotis sehingga ia nurut saja ketika diberi sugesti-sugesti untuk melakukan sesuatu. Pikiran yang dihiopnotis merespon apa yang diperintahkan oleh penghipnotis lewat sugesti-sugestinya yang menuju kepada aksi kejahatan.

Jika kita amati sebilah pisau, sebuah pisau bila dipegang oleh seorang koki atau ibu-ibu yang sedang memasak, maka pisau tersebut akan bermanfaat dan berfungsi sebagai alat yang dapat membantu pekerjaan yang dilakukan oleh pemegangnya. Akan tetapi pisau akan berubah fungsi mebagai alat yang menakutkan jika pemegangnya adalah seorang penjahat atau pembunuh. Demikian juga halnya dengan hipnotis.

Sebenarnya Hipnotis dapat digunakan untuk apa saja, dapat digunakan untuk penyembuhan, kemajuan pribadi, terapi sakit mental, untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual suami istri, untuk mengungkap perilaku kejahatan, untuk hiburan dan lain-lain. Intinya hipnotis adalah ilmu yang berperan di dalam semua bidang kehidupan yang melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku manusia.

Kejahatan dengan menggunakan hipnotis sebenarnya dapat kita hindari dengan cara memerintah diri kita sendiri untuk tidak terpengaruh terhadap orang lain. Seorang penjahat hipnotis biasanya mengeluarkan kata-kata yang dapat menarik seseorang sehingga mudah dipengaruhi dan diajak bekerja sama dalam aksi kejahatannya. Korban kejahatan biasanya terbujuk, tertipu , diperas secara halus lewat skenario yang diciptakan oleh sang penjahat hipnotis.

Untuk menghindari kejahatan hipnotis, jangan biarkan pikiran anda kosong dan terfokus pada pikiran tertentu (termenung atau melamun), biasakanlah berkumpul dengan banyak orang, sebaiknya anda tidak kelihatan lugu, di samping itu yakin dan percayalah pada diri sendiri bahwa tidak ada seorang pun yang dapat memerintah diri Anda selain diri anda sendiri. Satu hal lagi, Pikiran Anda harus cepat bereaksi menolak jika ada orang yang sok kenal dengan Anda dan men"cablek" diri Anda, karena ini adalah bagian dari hipnotis yang menggunakan teknik gendam atau "cablek". Jika Anda seorang muslim, sering berdzikir akan sangat membantu menghindarkan diri dari kejahatan hipnotis.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  1. Alifia says:
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar