Daoer Oelang, Setiap manusia pasti pernah merasakan kesulitan. Dan pada dasarnya manusia dapat mengatasi kesulitannya. Namun, terkadang ada beban tambahan berupa penyesalan masa silam dan kecemasan dalam menghadapi masa depan. Rasa cemas menunjukkan keadaan tidak tenteramnya hati karena khawatir terhadap suatu kejadian yang belum diketahui dengan pasti. Rasa cemas dapat memperburuk kesehatan dan mengganggu ketenangan hidup. Namun, bila mampu melepaskan diri dari segala kecemasan, maka hidup ini terasa indah dan ceria.

Lalu, bagaimana kita bisa melepaskan diri dari rasa cemas yang kita rasakan? Kita dapat melakukan beberapa hal untuk mngatasi rasa cemas kita. Rasa cemas hanyalah merupakan akibat, yang utama yang harus menjadi perhatian kita adalah apa yang membuat kita cemas. Ini berarti yang kita butuhkan adalah jalan keluar dari masalah yang membuat kita cemas dan bukan rasa cemasnya itu sendiri.

Apapun peristiwa yang menimpa, kita harus menyadari dan menerimanya dengan lapang dada. Tetapi jangan merasa dihantui bayang-bayang masa silam. Kita harus terus berpikir ke depan dan menerima apa yang telah terjadi, karena masalah yang menimpa diri kita bukan untuk dihindari melainkan harus kita selesaikan.

Ketika kita harus mencari solusi dari peristiwa yang akan terjadi pada diri kita, kita harus berani menentukan kemungkinan yang terjelek yang mungkin terjadi jika segala sesuatu yang kita cemaskan terwujud. Dengan demikian kita akan tahu atau paling tidak mempunyai sedikit gambaran apa yang harus kita lakukan dan itu akan mengurangi sedikit kecemasan kita. Kita harus bersikap tenang untuk memperbaiki keadaan terburuk dan siap menerima secara mental. Kita harus mampu memanfaatkan waktu dan tenaga semaksimal mungkin untuk bangkit dari keadaan yang terburuk.

Ketika kita telah mengambil sebuah keputusan, tinggalkan semua keraguan akan hasilnya. Jangan bimbang dan kita harus bekerja keras. Karena pada saat sibuk, kita tidak akan ada kesempatan untuk memikirkan hal-hal yang mencemaskan. Kita cemas karena pikiran dalam keadaan kosong. Untuk itu, obat sedih dan cemas adalah kerja keras.

Di dunia ini segala sesuatu pasti berubah, dan yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri. Hadapi perubahan dengan sikap wajar. Apabila terjadi perubahan, usahakan tidak kehilangan akal atau mati langkah. Anggaplah perubahan itu sebagai jalan untuk mengembangkan diri.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar